Minggu, 30 Oktober 2011

manajemen sumber daya manusia

Sumber daya manusia merupakan faktor yang sangat penting dalam peran mereka terhadap pembangunan negara-negara berkembang seperti Indonesia. Pengembangan sumber daya manusia harus hati-hati direncanakan dengan mempertimbangkan kebutuhan struktur sosial dan teknologi nasional. Untuk alasan ini, perlu bahwa strategi yang tepat dapat diandalkan untuk masyarakat industri untuk mempersiapkan diri secara menyeluruh selama era lepas landas tahap. Salah satu strategi adalah untuk mengidentifikasi masalah yang mungkin terjadi di sekitar panggung take-off, baik di dalam negeri dan luar negeri.
Pergeseran struktur ekonomi dunia yang terjadi sebagai konsekuensi dari perkembangan teknologi baru, dan pengurangan perang dingin antara kedua negara sangat kuat adalah dua pertanyaan yang paling penting dari benda asing; sedangkan hambatan yang datang dari negara itu sendiri, antara lain, adalah sangat rendah produktivitas tenaga kerja Indonesia sebagai konsekuensi dari tingkat pendidikan yang buruk dari mayoritas penduduk, upah rendah, masalah serius pengangguran, etos kerja dan pekerjaan tidak disiplin yang sesuai , dan ketidakmampuan untuk persaingan dunia.
Berdasarkan pernyataan di atas, upaya yang paling penting untuk mendapatkan potensi sumber daya manusia untuk take-off datang era panggung adalah untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas sumber daya untuk dapat menjawab setiap tantangan yang mungkin timbul kemudian, dan dengan menempatkan tinggi prioritas pada reorganisasi sumber daya manusia Indonesia secara keseluruhan untuk menjadi salah satu integritas lebih kuat.
Kriteria yang digunakan untuk menilai Manajemen Sumber Daya Manusia, sebaiknya mencakup pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), dan sikap (attitude). Selain professional dalam arti pengetahuan dan keterampilan, tapi juga punya sikap melayani masyarakat. Sesuai dengan tuntutan “pelayanan prima”.

Sumber daya alam dapat dibedakan berdasarkan sifat, potensi, dan jenisnya.
a. Berdasarkan sifat
Menurut sifatnya, sumber daya alam dapat dibagi 3, yaitu sebagai berikut :
1. Sumber daya alam yang terbarukan (renewable), misalnya: hewan, tumbuhan, mikroba, air, dan tanah. Disebut ter barukan karena dapat melakukan reproduksi dan memiliki daya regenerasi (pulih kembali).
2. Sumber daya alam yang tidak terbarukan (nonrenewable), misalnya: minyak tanah, gas bumf, batu tiara, dan bahan tambang lainnya.
3. Sumber daya alam yang tidak habis, misalnya, udara, matahari, energi pasang surut, dan energi laut.

b. Berdasarkan potensi
Menurut potensi penggunaannya, sumber daya alam dibagi beberapa macam, antara lain sebagai berikut.
1. Sumber daya alam materi; merupakan sumber daya alam yang dimanfaatkan dalam bentuk fisiknya. Misalnya, batu, besi, emas, kayu, serat kapas, rosela, dan sebagainya.
2. Sumber daya alam energi; merupakan sumber daya alam yang dimanfaatkan energinya. Misalnya batu bara, minyak bumi, gas bumi, air terjun, sinar matahari, energi pasang surut laut, kincir angin, dan lain-lain.
3. Sumber daya alam ruang; merupakan sumber daya alam yang berupa ruang atau tempat hidup, misalnya area tanah (daratan) dan angkasa.

c. Berdasarkan jenis
Menurut jenisnya, sumber daya alam dibagi dua sebagai berikut :
1. Sumber daya alam nonhayati (abiotik); disebut juga sumber daya alam fisik, yaitu sumber daya alam yang berupa benda-benda mati. Misalnya : bahan tambang,tanah, air, dan kincir angin.
2. Sumber daya alam hayati (biotik); merupakan sumber daya alam yang berupa makhluk hidup. Misalnya: hewan, tumbuhan, mikroba, dan manusia.

Uraian di sini hanya akan ditekankan pada sumber daya alam hayati, termasuk di dalamnya sumber daya manusia (SDM).

http://efry-day.blogspot.com/2011/06/macam-macam-sumber-daya-alam.html
http://bisgo.blogspot.com/2011/10/manajemen-sumber-daya-manusia.html
http://www.google.co.id/search?q=manajemen+sumber+daya+manusia&hl=en&client=firefox-a&hs=3Zk&rls=org.mozilla:en-US:official&channel=s&prmd=imvnsbl&source=lnms&tbm=blg&ei=AyWuTp_ZMYW3rAeS89nmDA&sa=X&oi=mode_link&ct=mode&cd=6&ved=0CBAQ_AUoBQ&biw=1024&bih=578

Tidak ada komentar:

Posting Komentar